Ciri Ciri Batuk Rejan Pada Anak

19.47 Unknown 0 Comments

Batuk rejan merupakan jenis penyakit yang menular, dan biasanya menyerang anak di bawah usia 1 tahun. Penyebaran penyakit batuk rejan ini biasanya disebabkan oleh bakteri disebut Bordetella pertussis, yang disebarkan melalui kontaminasi udara dari penderita batuk rejan.

Menurut data dari WHO ada sekitar 30 sampai 50 juta kasus batuk rejan ini dan ada sekitar 300.000 kasus menyebabkan kematian. Biasanya gejala batuk rejan mirip dengan gejala flu biasa, seperti berbatuk kering yang berlangsung dalam seminggu, pilek serta hidung tersumbat, bersin, tenggorokan terasa sakit, suhu tubuh sedikit meningkat, serta perasaan badan kurang sehat.

Gejala dan ciri ciri batuk rejan
  • Dada terasa dingin, nafsu makan hilang, batuk pada malam hari, bersin, lesu, dan infeksi mata.
  • Setelah 7-14 hari, batuk semakin hebat dan berulang dengan cepat disertai dahak kental.
  • Setiap batuk diakhiri dengan suara melengking, batuk mengikil, dan terkadang disertai muntah.
  • Selama serangan batuk, muka penderita kelihatan merah kebiruan.
  • Pada bayi, serangan batuk dapat menyebabkan bayi tidak bernapas secara periodik, kekurangan oksigen, dan gangguan metabolisme.
Batuk rejan atau pertusis bisa dicegah, untuk mencegah pertussis adalah memberikan vaksinasi. Ada vaksin untuk bayi, anak-anak, praremaja, remaja dan orang dewasa. Vaksin tersebut disebut DTaP,  penguat vaksin untuk remaja dan orang dewasa disebut Tdap.

Batuk rejan pada anak bisa di cegah dengan kita mengetahui apa saja penyebab dari penyakit batuk rejan. Untuk itu sangat penting bagi anda para ibu untuk mengetahui apa saja ciri ciri batu rejan pada anak dan segeralah lakukan pengobatan.

Sumber : Pengobatan Tradsional Batuk Rejan Anak

0 komentar: